Mengenal Rumah Hemat Energi

Konsep rumah hemat energi menekankan peningkatan efisiensi dalam penggunaan air, energi listrik, dan material bangunan, mulai dari desain, pembangunan, hingga pemeliharaan bangunan itu ke depan

Kita bisa memulai itu semua di lingkungan terdekat, yaitu rumah kita. Inilah beberapa tips tentang cara membuat rumah agar lebih hemat energi. Cocok untuk Anda yang berencana membangun atau merenovasi rumah.

Green construction atau konstruksi hijau adalah sebuah gerakan berkelanjutan yang mencita-citakan terciptanya konstruksi dari tahap perencanaan, pelaksanaan dan pemakaian produk konstruksi yang ramah lingkungan, efisien dalam pemakaian energi dan sumber daya, serta berbiaya rendah. Aplikasi dari konstruksi hijau dapat berupa rumah hemat energi, dimana rumah tersebut didesain untuk mengurangi pemakaian listrik dalam pencahayaan, tata udara, serta ramah lingkungan.

Desain rancang bangunan memerhatikan banyak bukaan untuk memaksimalkan sirkulasi udara dan cahaya alami, sedikit mungkin menggunakan penerangan lampu dan pengondisi udara pada siang hari. Desain bangunan hemat energi, membatasi lahan terbangun, layout sederhana, ruang mengalir, kualitas bangunan bermutu, efisiensi bahan, material ramah lingkungan, dan menerapkan pola hidup hemat energi melalui pemanfaatan sumber energi alternatif, seperti angin dan cahaya alami. Atap-atap bangunan dikembangkan menjadi taman atap (roof garden) dan atap surya ( atap dengan menggunakan panel surya) yang memiliki nilai ekologis tinggi yaitu suhu udara turun, pencemaran berkurang, dan ruang terbuka hijau bertambah.

Aspek yang harus dipertimbangkan dalam konsep rumah hemat energi adalah:

  • Konsumsi sumber daya yang hemat dan efisien (energi, material, air dan lahan).
  • Emisi baik terhadap udara, air dan tanah terkait dengan lingkungan dan kesehatan.
  • Lain-lain (seperti kebisingan dan getaran).

Penghematan energi dapat dicapai dengan penggunaan energi secara efisien dimana manfaat yang sama diperoleh dengan menggunakan energi lebih sedikit, ataupun dengan mengurangi konsumsi dan kegiatan yang menggunakan energi.

Berikut beberapa cara untuk mengoptimalkan energi di rumah agar tetap ramah lingkungan.

  • Pengaruh Iklim.
  • Pengaruh Panas Mentari.
  • Pengaruh Hujan.
  • Pengaruh Angin.
  • Pengaruh Lingkungan.

Untuk Lebih Jelas nya klik Link Di Sini

Layanan Spesial

Dari Layanan Spesial ini kami menawarkan Jasa Pembangunan dengan Konsep Rumah Energi yang di antaranya 

1. Penyediaan dan Pemasangan Sistem Panel Surya Untuk Sumber Secondary Rumah Anda dan juga sebagai PLTS mandiri

2. Penyediaan dan Pemasangan Sistem CCTV untuk kebutuhan keamanan dalam dan luar rumah impian anda

3. Penyediaan dan Pemasangan Barang-barang elektronik yang bersifat hemat energi